Kamis, 11 Oktober 2012


Hingga Akhir Tahun Ekonomi akan Tumbuh 6,3 Persen


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan hingga akhir tahun nanti perekonomian domestik masih tumbuh cukup baik. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 6,3 persen.

"Walaupun tidak setinggi prakiraan semula. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III -2012 diprakirakan sebesar 6,3 persen, lebih rendah dari prakiraan sebelumnya akibat penurunan kinerja sektor eksternal," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Lebih lanjut menurutnya meskipun konsumsi dan investasi yang berorientasi permintaan domestik tetap tumbuh tinggi, penurunan ekspor telah berdampak pada penurunan produksi dan investasi yang berorientasi ekspor.

Karenanya, ke depan pertumbuhan ekonomi masih akan ditopang oleh permintaan domestik yang cukup kuat dan potensi membaiknya ekspor meskipun masih dibayangi oleh ketidakpastian perekonomian global.

Selain itu akan juga didukung masih cukup kuatnya sumber pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Jawa. Dengan perkembangan tersebut, ekonomi Indonesia untuk keseluruhan tahun 2012 dan 2013 masing-masing diprakirakan tumbuh pada kisaran 6,1 hingga 6,5 persen dan 6,3 hingga 6,7 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar